Membuat bola kristal dengan Photoshop | ILMU PHOTOSHOP

Wednesday, October 3, 2012

Membuat bola kristal dengan Photoshop

 Membuat bola kristal dengan Photoshop

 
 
 
 
 
 
2 Votes

Saya akan mencoba membagi ilmu untuk membuat bola kristal. Saya menggunakan Photoshop CS1, tapi trik ini bisa dilakukan dengan versi lainnya, apalagi yang lebih tinggi. (ya iyyalaah…)
Untuk bisa melakukan trik ini diperlukan keimanan dan ketaqwaan yang cukup agar terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk. (lho… apa hubungannya…)
1. Pertama-tama buka bungkusnya…( eh salah ^^), Photoshopnya. Lalu buat file baru File >> New), beri nama bila perlu dan ukurannya sebaiknya dibuat simetris, misal 500×500. Lalu OK.
a1
2. Selanjutnya fill kanvas kerja tersebut dengan Paint Bucket Tool (G) dengan warna hitam. Pastikan foreground color nya berwarna hitam, agar nanti cahayanya terlihat jelas.
2a
3. Sekarang kita gunakan Efek Lens Flare (Filter >> Render >> Lens Flare… ) Atur brightness sekitar 125%, Lens type >> 50-300mm Zoom, taruh cahaya di tengah agak ke kiri. Lalu buat cahaya lagi dengan mengganti posisi cahaya ke tengah agak ke kanan. (kok malah kaya’ tukang parkir…)
3a
4.Setelah terbentuk 2 cahaya di kanvas kerja, kita gunakan Polar Coordinates untuk membentuk bola. Caranya klik Filter >> Distort >> Polar Coordinates… gunakan tipe Rectangular to Polar, maka akan terbentuk pola seperti pada gambar.
4a
5.Kita tambahkan efek Twirl agar cahaya agak berputar ke kiri. Klik Filter >> Distort >> Twirl. Atur angle nya sesuai dengan yang diinginkan, kalau saya menggunakan angle sebesar 210 (karena saya suka angka 7 dan kerabatnya) … ga penting lah…. nah… sekarang bola akan lebih dramatis kalau saya bilang… (…ga ada kata yang lebih bagus lagi soalnya…)
5a
6.Sekarang kita seleksi bola dengan Eliptical Marquee Tool (M). Ketika menseleksi sebaiknya sambil menekan Shift agar bola benar-benar bulat, lalu geser sampai membentuk lingkaran yang sesuai. Setelah bola terseleksi tekan CTRL+Shift+I lalu tekan Delete untuk membuang seleksi diluar bola agar hanya tersisa seleksi bola saja.
6a
7.Bisa dilihat bahwa yang tesisa hanya bola saja. Untuk mewarnainya kita tinggal gunakan
Hue/Saturation. Klik Image >> Adjusments >> Hue/Saturation, lalu atur parameter agar menghasilkan warna yang diinginkan. Misal saya menginginkan bola hitam dengan kilauan cahaya hijau maka saya atur Hue +140, Saturation +70, Brightness 0. Dan jika saya ingin bola biru dengan kilauan cahaya putih maka saya atur Hue +210, Saturation +100, dan Brightness +21. Pokoknya cobalah dengan berbagai variasi agar bolanya jadi menarik.
7a
Cukup ini dulu wong saya sudah ngantuk… sudah jam 12:14 AM, padahal besok masih
harus magang di SMP… wah… *-*
Ya semoga ilmu ini bisa bermanfaat… maaf kalau penjelasannya membosankan (abiz
saya paling jarang nulis2 sih…) … ya ga pa2 lah yang penting hasilnya …
(ancur)…
Untuk bahasan selanjutnya saya akan coba bagi ilmu untuk memberi hiasan pada bola
yang telah kita buat … so, tunggu aja … ^^

Membuat bola kristal dengan Photoshop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: arianto

0 comments:

Post a Comment